Ketahui Perbedaan BI Fast Dan Real Time Online

BI Fast

Pada era modern transaksi perbankan sudah menjadi aktivitas yang rutin dilakukan. Seperti halnya tarik tunai, transfer dan bayar tagihan. Hadirnya inovasi terbaru yang terus digenjot agar memberikan kemudahan untuk bertransaksi, seperti hadirnya bi fast dan real time online. Banyak orang beranggapan layanannya sama, ternyata mempunyai perbedaan diantara keduanya. Simak terus ulasan di bawah ini sampai selesai ya.

Apa BI Fast?

BI Fast adalah layanan terbaru yang dikenalkan Bank Sinarmas, pembayaran ritel yang dilakukan secara realtime, efisien, aman dan tersedia setiap saat. Sebelumnya, orang-orang lebih kenal dengan real time online dalam melakukan transaksi di perbankan. Layanan tersebut hampir mirip dan menjadi penunjang untuk bertransaksi yang efisien dan aman.

Tujuannya dapat mendukung sistem pembayaran secara nasional serta integrasi ekonomi pada keuangan digital (end to end), sebagai national driven yang sesuai dengan PBI (peraturan bank Indonesia) yang sudah berlaku, dan sudah selaras dengan kebijakan BI secara moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan.

Manfaatnya untuk masyarakat dan pelaku industri yaitu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Seperti halnya Anda bisa melakukan transaksi kapan saja, melayani dari berbagai instrumen serta kanal pembayaran dengan lengkap, sudah dilengkapi fitur anti money laundering, fraud detection dan countering financing of terrorism untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi, dan terdapat fitur proxy address.

BI Fast

Apa Real Time Online?

Andah yang sudah lama menjadi nasabah di bank dan melakukan transaksi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah real time online. Akan tetapi, masih ada orang yang belum paham tentang layanan RTO tersebut.

Real Time online merupakan segala sesuatu dalam bentuk transaksi yang dilakukan melalui internet banking atau mobile banking dan ATM. Realtime online juga bisa digunakan untuk pemindahan dana dan pembayaran e-commerce.

Anda bisa melakukan transaksi real time online dimana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor cabang. Selain bisa melakukan transfer uang, realtime online juga bisa mencatat data transaksi yang disimpan ke database center.

Perbedaan transaksi dari kedua layanan tersebut adalah:

-Biaya dalam bertransaksi

-Fitur

-Nominal saat transaksi

Selain itu ada perbedaan dari layanan dalam melakukan transfer bi fast seperti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Simak perbedaan sebagai berikut:

Waktu operasional

Layanan yang tersedia 24/7, jadi Anda bebas bertransaksi secara efisien dan cepat. Beda halnya dengan transaksi pada via SKNBI dan RTGS yang memiliki waktu layanan nya ditentukan mulai dari pukul 06.30 sd 16.30 WIB.

Waktu pada saat melakukan transaksi

Lamanya transaksi yang dilakukan oleh pengguna terjadi pada saat itu juga. Sementara untuk SKNBI dan RTGS waktunya 2 sampai 3 hari kerja.

Akses pembayaran

Pembayaran melalui via SKNBI dan RTGS bisa melalui mobile atau internet dan counter bank. Sementara untuk BI Fast Anda bisa mengakses melalui ATM, center bank, mobile atau internet, EDC, dan QR code.

Instrumen saat melakukan pembayaran

SKNBI bisa melayani transaksi transfer debit dan kredit, sementara RTGS hanya bisa melayani satu transaksi saja yaitu transfer kredit. Sedangkan BI Fast melayani transaksi transfer debit, transfer kredit dan masih mau dikembangkan lagi seperti kartu ATM, uang elektronik dan kartu kredit.

Sekian ulasan diatas, semoga bermanfaat bagi Anda yang masih pemula dan belum mengetahui tentang layanan transaksi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *