Ingin Membeli Cincin Kawin Terjangkau? Pertimbangkan Hal Ini Dulu!

cincin kawin terjangkau

Dalam sebuah acara pernikahan, cincin menjadi benda sakral yang menyatukan pengantin pria dan wanita. Meskipun begitu, Anda tidak diharuskan untuk membeli cincin yang mahal dan mewah. Cincin kawin terjangkau juga banyak yang berkualitas apabila Anda bisa memilihnya dengan baik. Jika ingin mendapatkan cincin terbaik untuk pernikahan yang sempurna, Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan berikut:

Material Cincin

Ada beberapa material yang biasa digunakan untuk membuat cincin kawin, berikut di antaranya:

  • Emas

Logam paling populer untuk cincin adalah emas atau gold. Ada tiga varian warna emas paling banyak digunakan yaitu emas kuning atau yellow gold, emas putih atau white gold, dan rose gold yang kemerahan. Harga emas ditentukan oleh gramasi dan kadar kemurnian.

  • Platina

Platina atau platinum merupakan logam terbaik untuk cincin kawin. Tidak hanya indah saja, platina memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik. Selain itu, platina juga tidak menyebabkan alergi. Sayangnya karena kelangkaan, platina memiliki harga yang tinggi.

  • Perak

Perak memiliki warna yang serupa dengan platina. Namun harganya jauh lebih terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran. Karena lebih mudah pudar dan tergores, perak harus dilapisi oleh rhodium.

  • Palladium

Palladium merupakan jenis logam yang populer akhir-akhir ini karena kualitas dan harganya. Meskipun dinilai sangat terjangkau, namun palladium memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik. Bukan hanya itu saja, palladium juga memiliki kilauan yang cukup baik.

Batu Permata

Batu permata untuk cincin kawin biasanya menggunakan berlian. Kualitas berlian tersebut berpengaruh pada harganya. Berikut ini empat aspek yang mempengaruhi kualitas berlian pada cincin:

cincin kawin terjangkau
  • Warna

Aspek pertama yang mempengaruhi harga dan kualitas cincin adalah warna. Warna atau color menunjukkan sebersih apa berlian yang Anda beli. Skala warna paling tinggi D, sedangkan paling buruk Z. Jika ingin menghemat budget, pilih skala G-J karena sudah cukup bagus.

  • Berat karat

Berat karat atau weight berbeda dengan ukuran berlian. Pasalnya berlian dengan ukuran yang tampak sama belum tentu berat karatnya juga sama. Nilai dari 1 carat pada berlian sama dengan 0,2 gram atau 200 milligram.

  • Kejernihan

Aspek selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah kejernihan atau clarity. Berlian yang jernih tidak memiliki tanda cacat sama sekali. Skala paling tinggi adalah FL atau flawless, setelah itu IF, VVS, VS, S, dan I. Karena FL dan IF sangat mahal, Anda cukup memilih VVS atau VS saja untuk berhemat.

  • Potongan atau asahan

Potongan atau cut adalah aspek yang sangat penting untuk keindahan cincin. Jadi Anda tidak boleh mengorbankan aspek satu ini. Cincin yang Anda beli harus memiliki potongan terbaik yaitu excellent cut agar kilaunya sempurna.

Waktu dan Tempat Membeli

Pertimbangan terakhir yang perlu Anda lakukan jika ingin mendapatkan cincin kawin terjangkau adalah waktu dan tempat membeli. Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat membeli cincin. Pasalnya biasanya ada brand perhiasan yang menawarkan promo di waktu tertentu sehingga harga cincin lebih murah.

Sedangkan tempat membeli berpengaruh pada kualitas cincin yang Anda beli. Pastikan memilih tempat yang kredibel dan terpercaya agar kualitas dan keasliannya terjamin. Tempat yang kredibel pasti menawarkan sertifikat berlian sebagai jaminan keaslian. 

Itulah hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin membeli cincin kawin terjangkau. Tidak perlu bingung-bingung mencari lagi, Mondial Jeweler menawarkan cincin emas bertabur berlian dengan harga bersahabat untuk pernikahan Anda. Model cincin pria dibuat tanpa berlian, sedangkan cincin wanitanya menggunakan satu berlian berbentuk pear atau round cut. Lihat koleksi Mondial Jeweler tersebut secara detail di website resminya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *