Digital Internet untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda 

Digital Internet

Dunia digital semakin berkembang sekarang ini, jelas bahwa literasi digital masyarakat juga semakin meningkat. Dengan perkembangan yang cukup tajam ini menjadikan digital internet sebagai media untuk melayani kebutuhan masyarakat yang semula konvensional (offline) menjadi serba digital (online). Hal ini terjadi ketika jaringan internet yang ditemukan pertama kalinya pada tahun 1998 yang kemudian dikenal luas oleh masyarakat dunia.

Ditambah dengan macam-macam perangkat genggam atau smartphone yang memudahkan mereka untuk memenuhi kebutuhan perekonomian. Dalam dunia digital hal yang paling mendasar adalah memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Secara konvensional, manusia memenuhi kebutuhan dengan membeli apa yang dibutuhkan (barang / jasa) dengan sumber daya yang dimiliki (uang) dan tempat saling bertemunya untuk penukaran kebutuhan dengan sumber daya tersebut (pasar).

Namun secara digital, manusia tidak memerlukan tempat atau pasar untuk bertransaksi. Cukup dengan melihat pada layar HP kemudian tinggal cekout barang yang akan dibeli dengan sistem pembayaran elektronik, maka dalam beberapa hari ke depan, barang yang sudah dipesan datang. Jika Anda selaku konsumen atau pengguna barang, maka Anda lebih dimudahkan jika berbelanja kebutuhan secara digital dibandingkan konvensional.

Namun, jika Anda adalah produsen atau pemasar maka Anda akan membutuhkan teknik-teknik khusus untuk menjual produk Anda secara online. Meskipun terdengar cukup sulit, namun cara-cara menjual produk Anda secara digital akan lebih laris dibandingkan dengan cara konvensional.

Teknik-teknik menjual produk melalui media digital internet

Berikut ini adalah teknik-teknik yang harus Anda pelajari untuk meningkatkan penjualan produk Anda melalui media digital.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Secara umum teknik SEO ini adalah bagaimana caranya agar website atau produk Anda menjadi nomor satu ketika dicari oleh seseorang.

Sebagai contoh Anda adalah seorang penjual produk baju terbaru, ada seseorang yang mencari baju dengan memasukkan kata kunci ‘baju terbaru’ pada mesin pencarian, dengan teknik SEO ini maka produk atau website Anda langsung muncul pada halaman pertama dalam mesin pencari tersebut.

Artinya semakin teknik SEO Anda bagus, maka semakin besar juga kemungkinan produk Anda menjadi terkenal dan lebih banyak penjualannya

  1. Copywriting

Selain teknik SEO di atas, terdapat juga teknik copywriting yang wajib Anda pelajari. Teknik copywriting ini termasuk dalam pemasaran digital, tulisan dalam teknik ini berisi ajakan untuk membeli produk Anda baik barang atau jasa yang tidak bisa dibuat dengan sembarangan.

Tugas dari copywriting ini adalah sebagai jembatan antara penjual atau pengiklan dengan konsumen melalui media digital seperti tulisan, gambar, video, atau konten lain. Materi copywriting sebenarnya banyak ditemui tidak hanya di media digital, akan tetapi juga dapat ditemui pada media konvensional seperti koran, billboard, dan sebagainya.

Digital Internet

Sekedar informasi, copywriting merupakan jantungnya dari hampir setiap lini bisnis tak terkecuali bisnis digital. Tanpa adanya teknik ini suatu bisnis atau perusahaan tidak akan dapat menyampaikan produknya kepada calon konsumen. Baik perusahaan besar, lembaga pemerintah, produsen, pengecer, hingga organisasi membutuhkan copywriting ini.

  1. Web Design dan Web Development

Baik web design maupun web development semuanya berbasis pada tugas yang sama, yaitu membangun suatu website. Namun ada hal yang harus dibedakan antara web design dengan web development. Web development ini berfungsi sebagai pengembangan suatu situs web yang akan menjual produk Anda. 

Sementara untuk web design berfungsi untuk mempercantik tampilan website Anda. Jika Anda masih bingung, ibaratkan web development adalah tubuh manusia, yang perlu dirawat dan dijaga, sementara web design adalah baju, aksesoris, atau make up untuk mempercantik manusia itu sendiri.

Nah itulah informasi terkait skill yang harus Anda pelajari untuk meningkatkan penjualan melalui media digital. Apabila Anda ingin mengembangkan usaha Anda tanpa perlu repot-repot mempelajari hal di atas, Anda cukup membuka situs www.diginet.co.id agar produk Anda lebih dikenali masyarakat luas dan dapat meningkatkan penjualan.

Diginet sendiri adalah platform berbasis website yang menyediakan jasa SEO, Copywriting, Web Development & Web Design untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas bisnis Anda pada media digital internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *