Cara Unik Mencegah Pembengkakan Pengeluaran Saat Shopping

Cara Unik Mencegah Pembengkakan Pengeluaran Saat Shopping

Merencanakan masa depan pasti tidak jauh dari cara mengelola keuangan pribadi dengan baik. Hal ini biasanya sudah dilakukan sejak berada di bangku kuliah atau saat memasuki dunia kerja. Belajar menjalani hidup baru dengan lebih mandiri dan terlepas dari orang tua.

Menekan pengeluaran, seperti shopping, agar bisa tetap survive walaupun dalam kondisi yang sedang sulit.

Khususnya wanita, akan mudah tergoda melihat barang-barang lucu saat shopping di mall. Belanja hanya karena lapar mata, sehingga banyak membeli barang-barang yang tidak perlu. Tanpa disadari, pengeluaran akan membengkak akibat membeli barang-barang yang tidak diperlukan itu. Cara unik yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran belanja, antara lain : 

1. Membuat daftar barang yang akan dibeli

Sebelum berbelanja, sebaiknya membuat catatan di kertas atau note handphone terlebih dahulu barang apa saja yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembelian barang-barang yang belum dibutuhkan.

2. Membawa uang secukupnya

Cara efektif untuk menekan pengeluaran saat shopping adalah dengan membawa uang secukupnya. Sebaiknya kartu ATM atau Kartu Kredit ditinggal di rumah.

Cara Unik Mencegah Pembengkakan Pengeluaran Saat Shopping

3. Belanja di toko terdekat

Untuk menghindari lapar mata Anda bisa berbelanja di toko terdekat. Misalnya ingin membeli alat tulis, maka Anda bisa membelinya di toko alat tulis terdekat. Agar tidak melihat barang-barang lucu yang dipajang di mall.

4. Recycle

Salah satu cara untuk menghemat adalah dengan mendaur ulang barang-barang bekas atau barang lama. Anda bisa mengasah kreatifitas dengan memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak terpakai.

5. Menjual kembali atau menyumbangkan

Saat kita berbelanja barang yang tidak kita butuhkan pasti akan menambah tumpukan barang yang tidak terpakai. Anda bisa membuat garage sale untuk mengurangi tumpukan barang.

Menyumbangkan barang yang tidak terpakai pada orang yang lebih membutuhkan. Pastikan lebih dulu bahwa barang tersebut masih layak untuk digunakan. 

Demikian beberapa cara unik yang bisa dilakukan untuk menekan pembelian barang yang tidak diperlukan. Anda tidak perlu khawatir akan pengeluaran membengkak karena belanja sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *