Ingin Mempelajari IT? Berikut Beberapa Kuliah Jurusan Komputer yang Wajib Diketahui!

kuliah jurusan komputer

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan mengambil kuliah jurusan komputer, maka perlu ketahui bahwa jurusan komputer memiliki beberapa pilihan yang bisa Anda pilih. 

Nah, bagi Anda yang ingin bergelut dalam dunia IT namun masih merasa kebingungan dalam memilih pendidikan yang tepat, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa pilihan kuliah jurusan komputer yang bisa Anda pilih, diantaranya yaitu:

  1. Teknik Informatika

Teknik Informatika (Informatic Engineering) atau TI merupakan salah satu fakultas yang cukup populer dan hampir setiap universitas menyediakan fakultas ini. 

Setiap lulusan ini diharapkan mampu menguasai dan memiliki keahlian dalam merancang desain juga mengimplementasikan sistem komputer baik berupa perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

  1. Manajemen Informatika

Selain teknik informatika, jurusan manajemen informatika juga cukup populer dan tersedia di banyak universitas baik swasta maupun negeri. Manajemen Informatika cukup populer karena kebutuhan lulusan jurusan ini cukup mudah mendapatkan pekerjaan mengingat setiap perusahaan saat ini sangat membutuhkan manajemen komputer yang baik dan kompeten.

Kuliah jurusan ini memang mengasah setiap mahasiswanya untuk mempelajari keahlian dalam menganalisa kebutuhan bisnis yang menggunakan komputer. Tak hanya itu, Manajemen Informatika juga mempelajari desain sistem komputer yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

kuliah jurusan komputer
  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)  

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau yang biasa dikenal dengan sebutan RPL juga merupakan jurusan kuliah yang tidak kalah populer dibandingkan dengan teknik informatika. 

Sesuai dengan namanya, jurusan ini terfokus dalam mempelajari banyak hal mengenai pengelolaan dan pengembangan perangkat lunak atau software. Proses pengelolaannya pun bukanlah skala kecil. 

Oleh karena itu, setiap mahasiswa yang telah lulus dari jurusan ini nantinya dapat bekerja sebagai orang yang mengelola dan mengembangkan perangkat lunak yang juga dalam skala besar.

  1. Information Technology  

Dengan memilih jurusan ini, Anda akan mempelajari lebih dalam bagaimana seluk beluk mengenai cara merancang, melakukan konfigurasi, merawat serta mengimplementasikan infrastruktur komputer.

Selain mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bidang komputer, di jurusan ini Anda juga akan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan teknologi informasi. Oleh karena itu, setiap lulusan kuliah jurusan ini akan mendapatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang cukup besar.

  1. Teknik Komputer Jaringan

Selanjutnya yaitu Teknik Komputer (TKJ). Jurusan TKJ ini umumnya mempelajari lebih dalam terkait koneksi jaringan internet yang terhubung ke dalam berbagai perangkat komputer..

Sebagai informasi tambahan, lulusan dari jurusan komputer jaringan saat ini cukup banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Hal tersebut tidak lain karena jaringan internet kini merupakan kebutuhan primer apalagi di dunia industri. 

  1. Cyber Security

Jurusan ini memang merupakan jurusan kuliah yang terlahir karena seiring berkembangnya jaringan internet dan juga penggunaan komputer di dalam berbagai aspek, diantaranya potensi peretasan dan sistem keamanan yang harus terus menerus diperkuat. Oleh karena itu, setiap lulusan dari jurusan cyber security saat ini sangat dibutuhkan di perusahaan.

Jurusan ini mempelajari terkait IT yang tergolong cukup banyak. Beberapa diantaranya yaitu pengetahuan dan keahlian sistem jaringan pengujian, desain dan juga implementasi arsitektur pertahanan cyber.

Demikianlah informasi mengenai berbagai pilihan kuliah jurusan komputer yang bisa dipilih bagi Anda yang nantinya ingin bergelut di dunia IT. 

Nah, jika Anda sudah bulat untuk meneruskan pendidikan tinggi di jurusan ini, Anda bisa memilih berkuliah di salah satu kampus terbaik di tanah air yaitu Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1849 sudah melahirkan tokoh-tokoh penting yang berkiprah di dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, segera daftarkan diri Anda dan bergabunglah menjadi mahasiswa Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *